Membuat soto ayam santan

By

Resep soto ayam santan kental

Soto merupakan makanan yang mudah kita dapatkan di berbagai tempat. Karena soto banyak dicari dan di gemari, maka hampir di berbagai tempat banyak kita temukan penjual soto. Jadi apabila kita kemanapun pergi, dan kita ingin menikmati soto, maka dengan mudah akan kita temukan.

Ngomongin soal soto, barang kali bunda ingin membuat soto di rumah. Dengan begitu, apabila bunda dan keluarga ingin menikmati soto khususnya soto ayam, bisa membuat di dapur anda tanpa harus keluar rumah untuk membelinya. Apabila bunda belum bisa cara membuat soto ayam, namun ingin sekali membuatnya, saya akan berikan resepnya untuk anda.

Resep soto ayam santan kental

Resep yang akan saya berikan untuk bunda pada kali ini yaitu membuat soto ayam santan setelah sebelumnya saya berikan resep soto ayam bening. Untuk membuat soto ayam santan yang nikmat, caranya cukup mudah seperti membuat soto ayam bening. Lebih lengkapnya, baiknya bunda ikuti langkah pembuatan dan bahan-bahan yang harus disiapkan berikut ini.

Bahan
1000 gram ayam potong sesuai selera 150 gram taoge Seduh dengan air panas dan tiriskan 150 gram soun Seduh dengan air panas lalu tiriskan 250 ml santan kental 1000 ML santan cair 1 cm lengkuas 1 batang serai dimemarkan 5 lembar daun jeruk 2 lembar daun salam 3 batang daun sup di iris tipis, minyak goreng secukupnya.

Bumbu halus
3 siung bawang putih, 8 butir bawang merah, 3 sendok makan ketumbar disangrai, 2 sendok teh jintan, 1 sendok teh lada, 1 cm jahe, 1 cm kunyit.

Bahan tambahan
3 buah tomat diiris, emping goreng sesuai selera, bawang goreng sesuai selera, 1 buah jeruk nipis di potong, sambal cabai rebus, kecap manis.

Cara membuatnya

  1. Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bumbu halus lengkuas, daun salam, serai, dan daun jeruk hingga harum.
  2. Tambahkan ayam, dan aduk aduk hingga ayam berubah tekstur dan warna, lalu angkat.
  3. Siapkan sebuah panci, masukkan ayam beserta bumbu hasil tumisan ke dalamnya, tuangkan santan cair dan masak di atas api kecil hingga daging ayam benar-benar lunak. Angkat ayamnya saja dan biarkan kuahnya tersisa.
  4. Tuangkan santan kental kedalam sisa kuah ayam tadi, aduk aduk dan masak hingga mendidih, angkat. Sekarang kuah soto sudah siap disajikan. Bila masih diperlukan, tambahkan lagi garam secukupnya sesuai selera.
  5. Selanjutnya lumuri ayam tadi dengan sedikit garam lalu goreng hingga warnanya kuning kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan. suwir-suwir kasar daging ayam.
  6. Siapkan sebuah mangkuk saji, tata soun, taoge, dan daging ayam suwir, masukkan kuah soto tadi secara perlahan sajikan selagi hangat bersama taburan bawang goreng, irisan daun sup, dan bahan tambahan lainnya.
  7. Resep ini untuk 5-7 orang.


Mudahnya untuk membuat soto ayam santan kental yang baru saja saya berikan resepnya. Maka saya yakin bahwa bunda pasti akan dengan mudah untuk membuatnya. Apabila bunda menginginkan resep lainya, khususnya yang berbahan ayam, bunda bisa baca resep ayam gulai kentang atau resep ayam bakar taliwang. Selamat mencoba bunda..