Resep soto ayam bening

By

Cara membuat soto ayam bening

Soto merupakan masakan berkuah yang banyak di sukai oleh berbagai kalangan, termasuk anda dan keluarga anda mungkin. Soto sendiri ada yang berbahan daging ayam maupun daging sapi, juga babat.

Resep soto ayam bening

Apabila bunda suka menikmati soto ayam namun belum bisa membuatnya sendiri, kali ini saya akan berikan resep soto ayam kuah bening untuk anda. Berikut resep serta cara pembuatannya.

Bahan-bahan
Lapan ratus 50 gram ayam kampung 150 gram soun Seduh dengan air panas lalu tiriskan 150 gram taoge Seduh air panas dan tuliskan 2500 ML air 4 cm lengkuas memarkan 3 cm lembar daun salam 3 sendok makan minyak goreng 3 lembar daun jeruk, 1 batang serai di memarkan.

Bumbu halus
8 siung bawang putih.
3 cm jahe di bakar.
1 sdt lada putih di sangrai.
2 sdt garam.

Bahan tambahan
1 buah jeruk nipis di potong-potong.
Sambal cabai sesuai selera.
Kecap manis sesuai selera.
Daun bawang dan daun seledri sesuai selera.

Langkah-langkah membuatnya
  1. Rebus air hingga mendidih lalu masukkan ayam lengkuas dan daun salam aduk-aduk sebentar rebus hingga empuk angkat ayam dan sisakan kaldunya.
  2. Panaskan minyak goreng, goreng ayam hingga berwarna kuning kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan kemudian suwir-suwir.
  3. Untuk membuat kuah soto, panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bumbu halus hingga harum, kemudian tambahkan tumisan bumbu kedalam air kaldu rebusan ayam tadi, masukkan juga daun jeruk dan serai. Masak hingga mendidih.
  4. Sediakan wadah saji, tata soun, tauge dan ayam suwir masukkan kuah soto perlahan, sajikan selagi hangat bersama bahan pendamping.
  5. Resep tersebut untuk 5 orang.

Baca juga:

Itulah tadi cara membuat soto ayam bening yang sangat mudah. Semoga resep ini bisa menambah wawasan memasak bunda semua.